Senin, 14 Januari 2013

Artikel Bisnis Informatika

Dalam beberapa artikel, dapat disimpulkan bahwa :

1.bisnis adalah suatu usaha yang dilakukan sekelompok orang dengan menjual barang atau jasa kepada masyarakat agar mendapatkan keuntungan.


2.informatika adalah berbagai disiplin ilmu yang digunakan untuk mengolah data dengan menggunakan komputer untuk menghasilkan suatu informasi.

jadi bisnis informatika adalah usaha yang yang dilakukan sekelompok orang, dan menggunakan teknologi informasi dalam mengolah data-data yang dimiliki agar menghasilkan suatu informasi agar dapat menghasilkan informasi-informasi yang dibutuhkan dalam usaha tersebut.

1.2 Aspek - Aspek Bisnis
  • Keuntungan individu dan kelompok
  • Penciptaan Nilai
  • Penciptaan Barang dan Jasa
  • Keuntungan melalui Transaksi
1.3 Fungsi Bisnis
  • Fungsi Mikro (Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
  • Fungsi Makro(Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung)
2. Informatika
Informatika berkaitan erat dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi adalah suatu seperangkat alat yang membantu kita dalam bekerja dengan informasi dan melakukan tugas - tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer melainkan mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarkan informasi. Dari defenisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Dengan kata lain bahwa teknologi informasi merupakan hasil konvergensi antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

3. Bisnis Informatika

Setelah menelaah dari pengertian - pengertian diatas didapat maksud dari bisnis informatika. Menurut saya Bisnis Informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi.

Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir - akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Kenapa begitu? Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi. Apa itu? Jawaban salah satunya Internet. Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang \"mewah\" bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Kenapa bisa begitu? Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet.Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.

Apa saja yang mencakup bisnis informatika?
Semua kegiatan yang melakukan transaksi jual - beli yang ada kaitannya dengan teknologi informasi masuk kedalam kategori bisnis informatika. Contoh, sekarang sudah banyak masyarakat yang melakukan transaksi jual - beli secara online. Jadi kita tidak perlu repot-repot untuk jalan ke mall, ataupun toko - toko untuk mencari barang yang kita inginkan. Cukup dengan modal laptop/pc dan internet, kita bisa mencari semua barang yang diinginkan.

Banyak sekali web - web penyedia jual - barang secara online. Contoh E-Bay dan di dalam negri ada KASKUS. Itu baru di dalam media internet, belum lagi kita lihat perkembangan warnet di indonesia.Dalam usaha mengembangkan sebuah warnet diperlukan teknik penjualan jasa beserta skill yang dipunyai oleh seorang pemilik atau administrator dalam menguasai bidang teknologi.Kalau pemerintah mau serius, kita bisa mendapatkan hasil yang sangat banyak di dalam Bisnis Informatika ini.

Dalam industri bidang informatika, terdapat 3 sektor yang cukup menjanjikan, masing-masing adalah sektor akses, sektor jaringan, dan sektor aplikasi/konten. Industri dalam sektor aplikasi/konten saat ini masih sangat menjanjikan, karena dalam hal ini barrier entrynya masih sangat rendah, belum memerlukan hi-tech skill, dan belum perlu modal yang besar.

Salah satu peluang yang terbuka lebar adalah pengembangan Mobile Application, yakni perangkat lunak yang beroperasi dalam smartphone dan perangkat bergerak lainnnya. Perangkat lunak ini biasanya termasuk dalam istilah apps yang marketplace-nya telah banyak tersedia, misalnya App Store, Android Market, Blackberry App, Ovi Store, Window Marketplace. Demikian dikatakan oleh salah satu pembicara seminar Harry N. Affandi, MBA, CISA. Peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pelaku indutri informatika di Indonesia, karena pasar yang luas dan mudah diakses, peningkatan pemakai smartphone terus terjadi baik domestik maupun internasional, teknologi pengembangan (Developmen Kit) tersedia dengan bebas. Hanya tantangannya adalah harga jual relatif murah, persaingan sangat ketat, perlu usaha untuk menonjolkan produk.
Dari sisi pemasaran, untuk dapat menajangkau konsumen seluruh dunia, pemasaran atau promosi dapat dilalukan dengan sarana online. Menurut Heri Sutrisno, , sarana pemasaran itu dapat memanfaatkan perkembangan TI saat ini yakni melalui internet dengan web sebagai platform dan dengan menggunakan search engine marketing dan search engine optimation. Dalam hal promosi yang sangat mendasar dan perlu diperhatikan adalah segmentasi pasar, target pasar, positioning, dan value proposition.
Dari sisi lingkungan hidup, industri TI harus berorientasi pada pelestarian lingkungan. Pengembagan industri hardware khususnya, perlu berorientasi pada Green IT,. Dalam konsep green IT ini tercakup pengertian pengembangan dan penggunaan IT resources (aplikasi dan peralatan komputer) secara lebih baik untuk menjaga lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah penghematan energi. Dalam konteks ini industri hardware dan software harus juga mempertimbangkan penghematan energi, demikian pula dari sisi konsumen harus dipermudah dalam memanfaatkan hasil industri informatika .

Sumber :

Sabtu, 17 November 2012

Indikasi dan Jenis Malware



INDIKASI MALWARE

Beberapa faktor sehingga dapat disimpulkan bahwa telah terinstall malware pada komputer kita adalah :
• Browser homepage terus berubah.
• Iklan pop-up muncul setelah browser ditutup.
• Muncul ikon aneh pada desktop.
• Lampu komputer berkedip (mengartikan komputer dalam proses mengolah informasi) pada waktu yang tidak biasa atau tak terduga. Hal ini sulit untuk diamati dengan broadband karena tidak ada perbedaan visual antara data yang masuk dan keluar.
• Pengaturan browser berubah, termasuk dafault web saat awal browser dibuka.
• File upload atau download terjadi tanpa izin pengguna.

JENIS – JENIS MALWARE

1. Virus
Inilah istilah yang sering dipakai untuk seluruh jenis peangkat lunak yang mengganggu komputer. Bisa jadi karena inilah tipe malware pertama yang muncul. Virus bisa bersarang dibanyak tipe file. Tapi boleh dibilang, target utama virus adalah file yang bisa dijalankan seperti EXE, COM, dan VBS, yang menjadi bagian dari suatu perangkat lunak. Boot sector juga sering dijadikan sasaran virus untuk bersarang. Beberapa file dokumen juga bisa dijadikan sarang oleh virus.
2. Worm
Worm alias cacing, begitu sebutannya. Kalau virus bersarang pada suatu program atau dokumen, cacing-cacing ini tidak demikian. Cacing adalah sebuah program yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan sarang untuk menyebarkan diri. Hebatnya lagi, cacing bisa tidak memerlukan bantuan orang untuk penyebarannya. Melalui jaringan, cacing bisa "bertelur" di komputer-komputer yang terhubung dalam suatu jaringan.
3. Wabbit
Berbeda dengan worm yang menyebarkan diri ke komputer lain menggunakan jaringan, wabbit menggandakan diri secara terus menerus di dalam sebuah komputer lokal dan hasil penggandaan itu akan menggerogoti sistem. Kinerja komputer akan melambat karena wabbit memakan sumbera daya yang lumayan banyak. Selain memperlambat kinerja komputer karena penggunaan sumber daya tersebut, wabbit bisa diprogram untuk memiliki efek samping yang efeknya mirip dengan malware lain.
4. Keylogger
Dengan menggunakan keylogger dapat menyimpan catatan aktivitas penggunaan komputer dalam suatu file yang bisa dilihat kemudian secara lengkap. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini, seseorang bisa mengetahui username, password, dan berbagai informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan. Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log yang biasanya berupa file teks itu ke seseorang tanpa sepengetahuannya. Pada tingkat ini pula keylogger bisa mengaktifkan diri ketika pengguna komputer melakukan tindakan tertentu.

5. Browser Hijacker
Browser hijacke rmengarahkan browser yang seharusnya menampilkan situs yang sesuai dengan alamat yang dimasukkan ke situs lain. Selain itu gangguan yang dapat disebabkan oleh browser hijacker antara lain adalah menambahkan bookmark, mengganti home page, serta mengubah pengaturan browser.
6. Trojan Horse
Trojan Horse adalah suatu program yang berfungsi sebagai mata-mata atau spy. Trojan ini masuk atau dimasukkan ke komputer bertujuan untuk memata-matai aktivitas komputer target.
7. Spyware
Spyware adalah perangkat lunak yang mengumpulkan dan mengirimkan informasi tentang pengguna komputer tanpa diketahui oleh si pengguna itu. Informasinya bisa saja yang tidak terlampau berbahaya seperti pola berkomputer, terutama berinternet, seseorang, sampai yang berbahaya seperti nomor kartu kredit, PIN untuk perbankan elektronik (e-banking), dan password suatu akun.
8. Backdoor
Backdoor mampu mengacaukan lalu lintas jaringan, melakukan brute force untuk meng-crack password dan enkripsi, dan mendisitribusikan serangan distributed denial of service (DDoS).

Rabu, 28 September 2011

Sistem Informasi Pada Pengalaman Pertama

Hari senin adalah hari yang sibuk bagi kaum pelajar. Terdengar bel sekolah berbunyi saya bergegas lari ke kelas.  Murid- murid yang lainya giat belajar untuk mempersiapkan diri ujian praktek. Praktek segera di mulai, saya belum sama sekali ada persiapan buat belajar modulnya.
Ketika itu saya mendapatkan bagian pertama untuk melakukan praktek memasang komponen - komponen yang ada di CPU. Saya kaget setelah guru memanggil namaku, dimana saya belum ada persiapan sama sekali. Mau tidak mau saya harus melakukannya.
Komponen tersebut membuat saya bingung, saya sama sekali tidak mengenal bahkan mengetahui fungsi - fungsinya. Komponen itu seperti, RAM, ROM, VGA, Motherboard, Power Supply dan lainnya. Saya bergegas memasang bagian - bagian itu ke dalam CPU dikarenakan waktu sudah hampir selesai. Saya asal - asalan aja memasangnya. Hatiku merasa lega setelah menyelesaikan praktek yang tanpa ada persiapan.
Waktu penilaian segera di umumkan, saya grogi saat akan mendengarkan pengumuman tersebut. Dan akhirnya guruku menyatakan " Saudara rian tidak lulus dalam praktek kali ini, dan segera mengikuti ujian remidial ". Saya sangat kecewa mendengar kabar buruk tersebut.
Mungkin dengan adanya kejadian itu, saya mulai melakukan perbaikan pada diri untuk selalu belajar setiap waktu, jangan sampai belajar di waktu mau ulangan atau praktek saja. Akhirnya saya juga bisa memasang Komponen - komponen dengan benar dan mengetahui fungsinya.

Selasa, 18 Januari 2011

Maraknya Lagu Gayus Tambunan

Liputan6.com, Jakarta: Andai ku Gayus Tambunan, yang bisa pergi ke Bali, semua keinginannya, pasti bisa terpenuhi. Penggalan lirik ini adalah lagu Andai Aku Jadi Gayus Tambunan ciptaan Bona Paputungan. Lagu itu seakan memastikan Gayus Tambunan sudah dikenal dimana-mana.

Bahkan, Bona yang mantan narapidana ini seakan iri dengan kelebihan Gayus selama di penjara. Lagu yang diciptakan Bona saat ditahan di Lapas Gorontalo itu sudah beredar di dunia maya, baru-baru ini.

Lagu ini melengkapi foto-foto Gayus dengan aneka profesi yang sudah beredar di dunia maya. Hasil foto digital kerja kreatif para pecinta komputer grafik telah menyulap foto Gayus ke dalam aneka profesi.

Mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak ini disulap menjadi kabareskrim Mabes Polri atau nonton sepakbola dan duduk di tempat yang istimewa, yakni di belakang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masih banyak lagi foto lainnya, seperti Gayus jadi hansip atau petugas Satpol PP, penjual duren hingga menyamar jadi tukang tambal ban [baca: Seribu Satu Wajah Gayus di Dunia Maya].

Ulah Gayus di dunia maya memang cukup menghibur. Fotonya disulap dan ada pula bait lagu buat sang maestro mafia pajak. Itu semua karena karena publik sudah gemas dengan berbagai aksinya.(BOG)

Rabu, 22 Desember 2010

Dampak Perkembangan New Media terhadap Lingkungan dan Budaya Bangsa


  • Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah.
  • Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman bersama bagi bangsa- bangsa di seluruh dunia. (Menurut Edison A. Jamli dkk.Kewarganegaraan.2005)
Menurut pendapat Krsna (Pengaruh Globalisasi Terhadap Pluralisme Kebudayaan Manusia di Negara Berkembang.internet.public jurnal.september 2005). Sebagai proses, globalisasi berlangsung melalui dua dimensi dalam interaksi antar bangsa, yaitu dimensi ruang dan waktu. Ruang makin dipersempit dan waktu makin dipersingkat dalam interaksi dan komunikasi pada skala dunia. Globalisasi berlangsung di semua bidang kehidupan seperti bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan keamanan dan lain- lain. Teknologi informasi dan komunikasi adalah faktor pendukung utama dalam globalisasi. Dewasa ini, perkembangan teknologi begitu cepat sehingga segala informasi dengan berbagai bentuk dan kepentingan dapat tersebar  luas ke seluruh dunia.Oleh karena itu globalisasi tidak dapat kita hindari kehadirannya.
Kehadiran globalisasi tentunya membawa pengaruh bagi kehidupan suatu negara termasuk Indonesia. Pengaruh tersebut meliputi dua sisi yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh globalisasi di berbagai bidang kehidupan seperti kehidupan politik, ekonomi, ideologi, sosial budaya dan lain- lain akan mempengaruhi nilai- nilai nasionalisme terhadap bangsa.
  • Pengaruh positif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme
    1. Dilihat dari globalisasi politik, pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis. Karena pemerintahan adalah bagian dari suatu negara, jika pemerintahan djalankan secara jujur, bersih dan dinamis tentunya akan mendapat tanggapan positif dari rakyat. Tanggapan positif tersebut berupa rasa nasionalisme terhadap negara menjadi meningkat.
    2. Dari aspek globalisasi ekonomi, terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja dan meningkatkan devisa negara. Dengan adanya hal tersebut akan meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang menunjang kehidupan nasional bangsa.
    3. Dari globalisasi sosial budaya kita dapat meniru pola berpikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi dan disiplin dan Iptek dari bangsa lain yang sudah maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa yang pada akhirnya memajukan bangsa dan akan mempertebal rasa nasionalisme kita terhadap bangsa.

  • Pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme
    1. Globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga tidak menutup kemungkinan berubah arah dari ideologi Pancasila ke ideologi liberalisme. Jika hal tesebut terjadi akibatnya rasa nasionalisme bangsa akan hilang
    2. Dari globalisasi aspek ekonomi, hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri (seperti Mc Donald, Coca Cola, Pizza Hut,dll.) membanjiri di Indonesia. Dengan hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam negeri menunjukan gejala berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat kita terhadap bangsa Indonesia.
    3. Mayarakat kita khususnya anak muda banyak yang lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai kiblat.
    4. Mengakibatkan adanya kesenjangan sosial yang tajam antara yang kaya dan miskin, karena adanya persaingan bebas dalam globalisasi ekonomi. Hal tersebut dapat menimbulkan pertentangan antara yang kaya dan miskin yang dapat mengganggu kehidupan nasional bangsa.
    5. Munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antarperilaku sesama warga. Dengan adanya individualisme maka orang tidak akan peduli dengan kehidupan bangsa.
Pengaruh- pengaruh di atas memang tidak secara langsung berpengaruh terhadap nasionalisme. Akan tetapi secara keseluruhan dapat menimbulkan rasa nasionalisme terhadap bangsa menjadi berkurang atau hilang. Sebab globalisasi mampu membuka cakrawala masyarakat secara global. Apa yang di luar negeri dianggap baik memberi aspirasi kepada masyarakat kita untuk diterapkan di negara kita. Jika terjadi maka akan menimbulkan dilematis. Bila dipenuhi belum tentu sesuai di Indonesia. Bila tidak dipenuhi akan dianggap tidak aspiratif dan dapat bertindak anarkis sehingga mengganggu stabilitas nasional, ketahanan nasional bahkan persatuan dan kesatuan bangsa.


  • Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme di Kalangan Generasi Muda
Arus globalisasi begitu cepat merasuk ke dalam masyarakat terutama di kalangan muda. Pengaruh globalisasi terhadap anak muda juga begitu kuat. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak anak muda kita kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala- gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari anak muda sekarang.
Dari cara berpakaian banyak remaja- remaja kita yang berdandan seperti selebritis yang cenderung ke budaya Barat. Mereka menggunakan pakaian yang minim bahan yang memperlihatkan bagian tubuh yang seharusnya tidak kelihatan. Pada hal cara berpakaian tersebut jelas- jelas tidak sesuai dengan kebudayaan kita. Tak ketinggalan gaya rambut mereka dicat beraneka warna. Pendek kata orang lebih suka jika menjadi orang lain dengan cara menutupi identitasnya. Tidak banyak remaja yang mau melestarikan budaya bangsa dengan mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan kepribadian bangsa.
Teknologi internet merupakan teknologi yang memberikan informasi tanpa batas dan dapat diakses oleh siapa saja. Apa lagi bagi anak muda internet sudah menjadi santapan mereka sehari- hari. Jika digunakan secara semestinya tentu kita memperoleh manfaat yang berguna. Tetapi jika tidak, kita akan mendapat kerugian. Dan sekarang ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang menggunakan tidak semestinya. Misal untuk membuka situs-situs porno. Bukan hanya internet saja, ada lagi pegangan wajib mereka yaitu handphone. Rasa sosial terhadap masyarakat menjadi tidak ada karena mereka lebih memilih sibuk dengan menggunakan handphone.
Dilihat dari sikap, banyak anak muda yang tingkah lakunya tidak kenal sopan santun dan cenderung cuek tidak ada rasa peduli terhadap lingkungan. Karena globalisasi menganut kebebasan dan keterbukaan sehingga mereka bertindak sesuka hati mereka. Contoh riilnya adanya geng motor anak muda yang melakukan tindakan kekerasan yang menganggu ketentraman dan kenyamanan masyarakat.
Jika pengaruh-pengaruh di atas dibiarkan, mau apa jadinya genersi muda tersebut? Moral generasi bangsa menjadi rusak, timbul tindakan anarkis antara golongan muda. Hubungannya dengan nilai nasionalisme akan berkurang karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat. Padahal generasi muda adalah penerus masa depan bangsa. Apa akibatnya jika penerus bangsa tidak memiliki rasa nasionalisme?
Berdasarkan analisa dan uraian di atas pengaruh negatif globalisasi lebih banyak daripada pengaruh positifnya. Oleh karena itu diperlukan langkah untuk mengantisipasi pengaruh negatif globalisasi terhadap nilai nasionalisme.
  • Antisipasi Pengaruh Negatif Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme
Langkah- langkah untuk mengantisipasi dampak negatif globalisasi terhadap nilai- nilai nasionalisme antara lain yaitu :
  1. Menumbuhkan semangat nasionalisme yang tangguh, misal semangat mencintai produk dalam negeri.
  2. Menanamkan dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dengan sebaik- baiknya.
  3. Menanamkan dan melaksanakan ajaran agama dengan sebaik- baiknya.
  4. Mewujudkan supremasi hukum, menerapkan dan menegakkan hukum dalam arti sebenar- benarnya dan seadil- adilnya.
  5. Selektif terhadap pengaruh globalisasi di bidang politik, ideologi, ekonomi, sosial budaya bangsa.
Dengan adanya langkah- langkah antisipasi tersebut diharapkan mampu menangkis pengaruh globalisasi yang dapat mengubah nilai nasionalisme terhadap bangsa. Sehingga kita tidak akan kehilangan kepribadian bangsa.

Referensi
Jamli, Edison dkk.Kewarganegaraan.2005.Jakarta: Bumi Akasara
Krsna @Yahoo.com. Pengaruh Globalisasi Terhadap Pluralisme Kebudayaan Manusia di Negara Berkembang.2005.internet:Public Jurnal

Rabu, 17 November 2010

Pemanfaatan Internet New Media

Pemannfaatan Internet di tinjau dari Kelebihan dan Kekurangan pada media sosial seperti mig33 yaitu :

Mig33

Kelebihan :



1.Support untuk aplikasi Yahoo, ICQ, MSN, Google Talk, AOL.
2.Di mig33 versi terbaru v4.01/v4.02 kamu bisa mengganti tema mig33 kamu.
3.Terdapat ROOM CHAT.
4.Dapat membuat ROOM sendiri.
5.Dapat membuat group chat.
6.Dapat mengirim dan menerima email.
7.Emoticon banyak
8.Bisa Group Chat
9.Bisa invisible
10.Bisa status message
11.pada versi terbaru
12.Bisa kick user di room
13.Fasilitas Free SMS
14.Fasilitas Call ke nomer HP
15.Login cukup cepat.
16.Fasilitas LookOut yang dapat memberitahu kita teman kita yang sedang online lewat sms.
17.Tampilan menarik.

Kekurangan: 

       
Kekurangannya yaitu, beberapa fasilitas " not free” alias berbayar. Misalnya  fasilitas yang ada di mig33 seperti send mail, buzz, dan kick. Dan kita membayarnya menggunakan credit yang bisa kita beli dari para merchant

Pemanfaatan Internet di Universitas Gunadarma

Di era globalisasi sekarang ini, seluruh universitas di Indonesia sangat lekat sekali dengan namanya internet. Saat ini teknologi berkembang dengan pesat, prosesor komputer semakin cepat, kapasitas memori harddisk semakin bertambah, tampilan grafis semakin nyata, inovasi-inovasi baru pun banyak ditemukan. Dengan terus berkembangnya teknologi informasi dan Komunikasi sekarang ini, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran.

Penggunaan dan pemanfaatan teknologi informatika (IT) di perguruan tinggi saat ini semakin ramai, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya pengakuan dari sejumlah perguruan tinggi yang menyebutkan bahwa sudah memanfaatkan IT melalui pengadaan Information Communication Technology (ICT) disertai dengan sejumlah implementasinya dalam proses pendidikan reguler. Interaksi antara dosen dan mahasiswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media komputer, internet, e-mail, dsb.

 
Universitas Gunadarma yang sudah dikenal banyak orang karena penerapan teknologi informasi sebagai contohnya. Di Universitas Gunadarma, E-Learning sudah diterapkan sebagai implementasi yang paling nyata dari pemanfaatan ICT. Untuk mendukung E-Learning, Universitas Gunadarma memberikan layanan hotspot bagi mereka yang mempunyai laptop dan internet lounge bagi mereka yang tidak punya laptop untuk koneksi ke internet. Dengan layanan ini, mahasiswa dapat menggali dan menambah wawasan yang edukatif.
Universitas Gunadarma merupakan salah satu perguruan tinggi yang berbasiskan komputer untuk mengefisienkan proses-proses akademik yang ada didalamnya, walaupun pada beberapa penerapannya masih belum terintegrasi dengan baik antara satu sistem dengan sistem yang lainnya. Penulisan ini memuat uraian tentang pembuatan Sistem Penjadwalan Praktikum Integrated Laboratory di Universitas Gunadarma. Integrated Lab atau yang biasa disingkat dengan I-Lab. I-Lab merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk menggantikan sistem praktikum konvensional yang selama ini berjalan di Universitas Gunadarma dengan tujuan mahasiswa menjadi lebih mandiri dalam melakukan praktikum. Sistem penjadwalan praktikum yang bersifat mandiri, yaitu memiliki fleksibelitas jadwal praktikum bagi praktikan dan dimaksudkan agar dapat membantu pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan praktikum, serta untuk menyempurnakan sistem praktikum yang sudah ada, kemudian melakukan pengembangan hingga dihasilkannya sistem yang lebih baik lagi. Sistem ini menyediakan berbagai fasilitas penjadwalan, yaitu dengan menyajikan jadwal yang dapat diubah oleh praktikan setelah melakukan kegiatan praktikum. Praktikan juga dapat menggunakan fasilitas waiting list dan special case apabila berhalangan hadir atau izin. Koordinator dan kepala laboratorium mendapat laporan hasil kerja praktikan secara otomatis sehingga penilaian lebih objektif.